10 Hal yang Menyebabkan Anda Susah Buang Air Besar atau Sembelit

Sobat sehat, mungkin beberapa dari anda banyak yang mengalami sulit Buang Air Besar atau sembelit. Atau mungkin ketika teman anda ke toilet, lama sekali. Sampai 1 jam. Atau mungkin juga ada yang kalau Buang Air Besar harus ‘mengejan’, sampai urat di leher keluar semua. Disini saya ingin membahas faktor-faktor atau penyebab yang mempengaruhi mengapa anda sulit untuk Buang Air Besar. Mungkin salah satu faktor ini menghalangi anda.

Pola Makan Buruk

Yang pertama adalah pola makan yang buruk. Mungkin, setiap hari anda hanya mengkonsumsi makanan-makanan “yang buruk”. Mengapa saya katakan bergitu? Mungkin anda hanya makan makanan olahan, karbohidrat olahan, lemak yang tidak baik, mungkin hanya gorengan. Tanpa diimbangi dengan kebutuhan serat yang cukup setiap harinya. Hal ini akan mengganggu sistem pencernaan, terutama usus besar anda.

Sebenarnya, usus besar kita memiliki gerakan peristaltik. Jika anda masih ingat dengan pelajaran Biologi dulu, usus kita itu bergerak.  Namanya gerakan peristalitik. Ketika makanan tidak mendukung, maka gerakan peristaltik akan terhambat. Untuk itu, ubahlah pola makan anda.

Faktor Stress

Kemudian, faktor yang kedua adalah tingkat stress. Jadi, jumlah stress atau tingkat stress yang berlebihan dapat mempengaruhi hormon dan neurotransmitter di dalam tubuh anda. Maka akhirnya, akan  berdampak langsung pada kontraksi otot di dalam tubuh anda. Jadi, bagi mereka yang stress berkepanjangan, kebanyakan dari mereka ada yang justru diare, atau justru ada yang susah buang air besar. Jadi, hal ini akan menganggu sistem pencernaan di dalam tubuh. Jadi bagi anda yang memiliki tingkat stress berlebih, cobalah kontrol tingkat stress anda dan carilah solusi dari masalah anda.

Kurangnya Olahraga

Lalu yang ketiga adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga dapat memperkuat otot-otot anda, termasuk otot di dalam saluran pencernaan anda. Jika otot anda kuat dan dapat berkontraksi dengan baik, otomatis anda tidak akan mengalami kesulitan dalam hal buang air besar. Lalu yang keempat, mungkin anda mengkonsumsi jenis-jenis obat tertentu. Disini saya akan membacakan beberapa obat yang dapat menyebabkan anda mengalami sembelit. Diantaranya seperti anti depresan, Kemudian antasida. Bagi anda yang sering sakit maag, anda pasti sering mengkonsumsinya. Antasida juga dapat membuat anda menjadi sembelit. Kemudian suplemen kalsium dan zat besi. Lalu, anti konvulsan, yaitu obat anti kejang. Kemudian narkotika dan diuretik. Obat-obatan ini dapat membuat gerakan peristaltik usus anda melambat dan menyebabkan sembelit.

Flora di dalam usus

Kemudian, ketidak seimbangan flora di dalam usus. Flora disini bisa dikatakan sebagai ‘bakteri baik atau probiotik’. Mungkin anda sudah tahu. Jadi, mengapa bisa terjadi ketidakseimbangan? Mungkin karena makanan anda kurang serat, dimana serat disini adalah ‘prebiotik’. Prebiotik merupakan makanan alami ‘nabati’ bagi bakteri baik atau flora normal di dalam usus anda. Jadi dengan anda mengkonsumsi cukup serat, maka bakteri baik atau flora normal di dalam tubuh anda akan tercukupi.

Kemudian yang keenam, yaitu masalah tiroid atau hormonal. Menopause, PMS, diabetes, kemudian kelainan tiroid seperti hipotiroid, ini semua dapat menyebabkan atau berperan dalam hal konstipasi atau sembelit. Penyakit lain yang mungkin menyebabkan sembelit yaitu seperti cedera tulang belakang atau masalah neurologis yang mempengaruhi sistem syaraf pada pencernaan anda.

Kekurangan Magnesium

Lalu, faktor yang ketujuh adalah kekurangan magnesium. Magnesium merupakan elektrolit atau mineral yang dapat membantu fungsi otot normal.  Jadi, kekurangan magnesium dapat menyebabkan ketegangan otot dan dapat memperburuk gejala stress emosional. Jadi, kekurangan magnesium juga dapat berdampak, baik secara tidak langsung maupun langsung terhadap konstipasi anda.

Faktor Kamar Mandi

Kemudian yang kedelapan, yaitu faktor kamar mandi. Jadi, bagi anda yang sudah terbiasa di kamar mandi anda sendiri, tiba-tiba anda melakukan perjalanan, misalnya ke luar kota atau menginap di rumah saudara. Tiba-tiba anda masuk kamar mandi dan mungkin tidak sesuai dengan anda atau anda merasa tidak nyaman. Akhirnya, hal ini juga mempengaruhi sistem pencernaan anda. Mungkin anda menjadi lebih lama di kamar mandi. Hal ini juga dapat menyebabkan anda sembelit, karena faktor ‘tidak nyaman’ tadi.

Kurang Tidur

Yang kesembilan adalah faktor kurang tidur. Misalkan karena jet lag. Bagi anda yang melakukan travelling, perubahan posisi jam tidur anda, misalkan anda ke Amerika,jadi jam tidur anda berubah karena jam disini dengan disana itu berbeda. Hal ini juga akan mempengaruhi sistem pencernaan anda.

Faktor Usia

Yang terakhir adalah faktor usia yang lebih tua. Terkadang orang dewasa atau orang berusia lanjut itu kehilangan minat pada makanan. Mungkin karena susah mengunyah, apalagi makanan berserat seperti buah dan sayur. Contohnya pada mereka yang sudah kehilangan gigi dan malas menggunakan gigi palsu akhirnya akan kekurangan serat. Dimana kekurangan serat ini juga berkontribusi terhadap terjadinya sembelit atau konstipasi.

Selain itu, mereka yang telah berusia lanjut juga biasanya malas melakukan aktivitas fisik. Mereka lebih memilih duduk, menonton, atau berbaring. Hal ini akan mempengaruhi sistem pencernaan mereka. Ini semua adalah 10 faktor yang menyebabkan anda sulit buang air besar atau konstipasi. Mungkin pada diri anda ada salah satunya dari 10 faktor ini.  Dan anda bisa memperbaikinya. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk anda semua.